Home » , » Jalan Panjang Menuju Semarang

Jalan Panjang Menuju Semarang

Minggu 5 mei 2013 ada lanjutan pertandingan Divisi Utama liga indonesia di purwodadi
sebagai orang yang berdarah Purwodadi saya pun menyempatkan diri menyaksikan pertandingan antara tuan rumah persipur puwodadi dengan sodara tua nya PSIS semarang dalam lanjutan divisi utama PT Liga Indonesia, namun saya ke tanah leluhur siang ini untuk mendukung semarang . menggunakan vespa tua saya berangkat menuju kota purwodadi yang saya tempuh sekitar 2 jam dari kota semarang.namun terlebih dahulu saya menghampiri  sodara di manggar mas yang  juga ingin menyaksikan pertandingan  .
 
siang ini suporter semarang sneX dan Panser belum begitu banyak yang datang away ke purwodadi.
kondisi jalan yang sempit dan sedang ada perbaikan membuat terjadi beberapa titik macet terhitung ada sekitar 3 titik macet untuk sampai ke purwodadi.

baru samapai pintu masuk stadion sudah ada beberapa calo tiket yang menawari saya tiket pertadingan dengan harga yang tentunya lebih mahal dari harga resmi di loket.
saya dan teman saya pun memutuskan untuk membeli tiket vip seharga 30rb, setelah tiket ditanagan kami memutuskan untuk membeli kaos atribut suporter persipur.

Simpang 5

saat memasuki stadion tribun vip ternyata sudah sesak oleh antusias warga purwodadi yang ingin menyaksikan pertandingan antara persipur vs PSIS, padahal jam masih menunjukan pukul 1.30 wib atau 3jam sebelum kick off. antusias masyarakat di indonesia untuk menyaksikan pertandingan sepak bola memang besar namun tidak layaknya stadion atau minimnya fasilitas dan ketidak profesionalan panpel pertandingan membuat suporter semarang memasuki stadion krida bakti secara ilegal.

meskipun kasta kedua namun pertandingan ini cukup menyedot ribuan penonton bahkan melebihi kapasitas stadion.

harusnya pemda grobongan membangun atau menambah kapasitas tempat duduk penonton, seperti diketahui stadion ini hanya memiliki tribun barat(vip) dan timur(ekonomi) sedangkan tribun selatan dan utara tidak memiliki tribun alias kelas berdiri.

1 jam menuju kick of pagar utara dan selatan pembatas penonton dengan lapangan roboh oleh banyaknya suporter semarang yang duduk diatas pagar pembatas, dan akibat robohnya pagar pembatas ini semua suporter yang berada di utara dan selatan merengsek mendekati garis lapangan bahkan space iklan sampai tidak kelihatan oleh banyaknya suporter. hingga pertandingan ini tertunda sekitar 30 menit dengan kondisi seperti turnamen tarkam akhirnya pertandingan di gelar sore itu.

namun akhirnya pertandingan ini tidak terselesaikan seperti layaknya pertandingan sepak bola pada umumnya, pasalnya kondisi stadion yang tidak memiliki penerangan membuat pertandingan ini terhenti di menit 81.

namun setelah pertandingan di hentikan oleh wasit terjadi insiden pelemparan botol mineral kearah tribun vip dan penonton yang masih ada di tribun vip termasuk saya tunggang langgang cari tempat yang aman dari pelemparan, namun insiden ini dapat di lerai oleh aparat yang sudah siaga.
setelah bubaran sayapun meninggalkan stadion yang ada  di dekat simpang 5 kota purwodadi ini sekitar pukul 17.00wib. namun malam ini agak ganjil saya tidak menemukan warung makan yang membuka dagangan bahkan SPBU sudah tutup padahal sebelumnya saya pernah menonton persipur dan kondisinya tidak seperti ini, terjadi kemacetan yang cukup panjang ke arah semarang saya pun memimilih berhenti dan mematikan mesin vespa karena takut kehabisan bensin. saya berhenti disebuah warung sambil menunggu rombongan suporter semarang yang naik truk meninggalkan kota purwodadi, namun malam ini pemilik warung berkumpul  didepan waraung.

setelah rombongan suporter terakhir lewat pemilik warung pun kembali membuka warungnya kembali. saya pun menanyai salah seorang warga yang ada disitu katanya mereka terpaksa menutup warungnya karena takut di jarah ole suporter semarang.

jalanan yang padat membuat truk robongan suporter tidak dapat bejalan dengan cepat hingga saya berpapasan lagi dengan rombongan truk suporter. dan mereka berhenti sambil mengambili batu dari pinggir jalan, waduh ada tawuran ini gumam saya kepada teman saya yang memilik panggilan carlos.
saya pun denger2 dari para pengguna jalan yang menuju ke arah purwodadi katanya didepan ada tawuran antara suporter semarang dengan suporter jepara. wuih niat banget tuh suporter jepara hingga gluruk mencegat ke purwodadi.

 dan ternyata informasi itu  tidak benar ! dan yang tawuran malam itu tidak melibatkan suporter jepara seperti info yang saya dapat, melainkan antara suporter semarang dengan warga kecamatan godhong.
saya pun berhenti lagi di sebuah warung yang ternyata sudah dibuka, saya pesan mie ayam dan ternyata ayamnya udah habis! duh terpaksa saya pesan mie di campur bakso dengan bumbu bakso. dan ternyata penjual mie ayam ini memberi tahu saya jalur alternatif untuk pulang namun kayaknya bensin vespa sudah ga mencukupi sampai rumah karena jalanya yang terlalu jauh. saya pun urungkan niat untuk lewat jalur alternatif dan lewat jalan raya poewodadi - semarang.

saat melintas daerah kerusuhan, meskipun suporter semarang sudah lewat jauh saya sempat di teriaki oleh orang2 warga sekitar yang tawur dengan suporter semarang. dari pinggir jalan dengan kawalan polisi mereka meneriaki saya samar2 terdengar mereka bilang "kae kaos ireng" (itu baju hitam) dan saya tidak menggubrisnya namun teman saya dari mimiknya agak ketakutan. ga tau apa jadinya jika saya panik mungkin udah di massa oleh kemarahan warga sekitar, karena saya memelankan vespa dan ga begitu panik akhirnya ga ada insiden yang menimpa saya.

kesalahan saya malam itu adalah saya memakai kaos hitam yang malam itu dianggap sebagai suporter semarang namun untungnya saya tidak memakai atribut PSIS Semarang!.
sesudah melewati area bekas tawuran ternyata truk suporter semarang tertahan di partigaan godhong.
dan saya pun berhenti lagi di sebuah SPBU yang udah dirusak akibat tawuran  antara suporter vs warga.
dan disitu juga banyak sekali warga namun sudah tidak ada tawuran saya pun sempat mendengar kabar dari warga yang ada disitu bahwa awal mula dari kerusuhan tersebut adalah aksi penjarahan yang dilakukan oleh "oknum" suporter semarang yang tidak bertanggung jawab ketika berangakat ke purwodadi mendukung PSIS Semarang.

dan kerusuhan ini merupakan aksi balasan warga terhadap suporter semarang yang dinilai telah melakukan tindakan yang merugikan warga godhong penjarahan dan pengrusakan.
setelah  menunggu cukup lama sampai sekitar jam 22.00wib #ketinggalan laga MU vs CHELSEA nih saya.
saya pun jalan kembali dan ketika sampai didaerah godhong  namun disitu masih banyak suporter yang duduk2 dijalan.

mencari jalan alternatif adalah pilihan tepat untuk dapat pulang menuju semarang, kemudian saya tanya ke warga yang ada di sekitar SPBU yang sudah rusak parah itu. dan denger2 malam ini warga sudah siaga satu
dan jeng jeng jeng ketika memasuki jalan alternatif melewati perkampungan banyak warga yang sudah siap dengan pentungan kayu dan batu bahkan saya sempat melihat ada yang membawa senapan angin #wuih mau nembak burung!

dan ternyata saya sudah sampai ke jalan raya yang sudah tidak ada suporter semarang namun kondisinya cukup sepi dan samar2 terlihat juga dari kegelapan, perlu deketahui semua lampu penerangan rumah dan jalan malam itu semua dimatikan!
saya pun memutuskan untuk menginap dirumah sodara yang ada di dekap mrapen untuk kemudian paginya menuju semarang.
                                   pict dari pengguna twitter
sampai kerumah sodara sudah sekitar pukul 23.00wib dan masih sempat menyaksikan partai MU vs CHELSEA meskipun akhirnya tepar.
paginya saya berencana pulang kesemarang namun masih galau kalau2 semua SPBU masih tutup akibat insiden semalam, namun ternyata SPBU yang di dekat objek wisata api abadi ini udah buka.

namun pagi ini ada yang ganjil lagi di pikiran, saya tak mendapati bus angkutan dari purwodadi - semarang dan banyak sekali anak sekolah dan pedagang yang telah menunggu di jalan.
pas di SPBU ternyata handphone saya ada 1 pesan masuk dari teman saya kalau suporter semarang masih tertahan di godhong sejak semalaman.

ketika sampai didaerah tegowanu saya mendapati banyak sekali truk yang memuat anggota TNI yang menuju ke arah Purwodadi untuk mengevakuasi suporter semarang yang masih di godhong.
jalanan menuju semarang pun macet dengan aktivitas ini
bahkan sempat berpapasan kendaraan barakuda. wuih evakuasi nya kenapa ga dari tadi malam ya?
dan setalah sampai semarang saya membuka media online dan mendapati banyak sekali berita kerusahan antara suporter semarang vs warga godhong.

Minggu malam 5 mei 2013 merupakan hari yang mungkin tidak akan pernah dilupakan bagi mereka yang mendukung PSIS semarang, pasalnya meraka tertahan di Kec Godhong sekitar 15jam. tanpa makan dan minum.

dan ternyata mereka baru dapat dievakuasi pada hari senin (06/05/13) sekitar pukul 11.00 siang.
atas ke jadian ini semoga saja merupakan akhir dari peristiwa2 yang tidak mengenakan bagi warga godong.
dan seluruh masyarakat pengguna jalan porwodadi -godong memang beginilah kondisi suporter sepak bola kita meskipun hanya beberapa oknum saja yang melakukan. namun tindakan ini merugikan orang banyak.
sekian semoga peristiwa ini menjadi pelajaran bagi kita semua 

link berita suporter vs warga


0 komentar:

Post a Comment

Download

ProgramerGagal. Powered by Blogger.