Home » , » Jam Gento, Ikon Kota Bangko yang memprihatinkan

Jam Gento, Ikon Kota Bangko yang memprihatinkan

Setiap Kota tentulah memiliki sebuah ikon, yang biasanya menjadi identitas dari kota itu sendiri.
sama halnya dengan kota bangko, kota yang cukup indah dengan kontur perbukitan, kota bangko dulunya merupakan ibukota dari kabupaten Sarko, sarko sendiri merupakan akronim dari sarolangun bangko, namun seiring perkembanganya kabupaten sarko dimekarkan menjadi dua kabupaten, kabupaten sarolangun dan kabupaten merangin, kab terakhirlah yang beribukota di bangko.

bangko sendiri merupakan sebuah kecamatan yang menjadi ibukota kab merangin, di kota bangko lah segala aktivitas perekonomian dan pemerintahan kab  merangin.
dengan keindahan dan keberagaman masyarakatnya kab merangin melalui kepala daerah yang baru mengusung semboyan merangin emas yang merupakan program pemerintah jangka panjang untuk kemajuan wilayah kabupaten merangin.

programmer gagal

kembali pada inti dari tulisan ini tentang ikon kota ini, di kota bangko terdapat beberapa ikon yang layak untuk dibanggakan oleh masyarakatnya. ikon yang paling terkenal dan menjadi ikonic dari kota bangko adalah jam gento, gento disini tentu bukan istilah untuk sebutan dari preman, kata gento disini merupakan bahasa masyarakat sekitar yang di gunakan untuk menamai bangunan dengan menara terdapat jam nya ini.
menara jam ini berada diatas bangunan 2 lantai yang dulunya dipakai sebagai stasiun radio dan penanda waktu sholat untuk warga kota bangko, namun saat sekarang bagaimanakah fungsinya?

ternyata sungguh sangat memprihatinkan, bangunan ini saat ini tidak di fungsikan sebagaimana mestinya, terlihat beberapa internit bangunan sudah ambrol dan yang lebih menyedihkan lagi dinding bangunan ini menjadi korban aksi vendalisme dari tangan2 tak bertanggung jawab yang merusak keindahan dari bangunan ini.

taman jam gento

ini seharusnya tak boleh terjadi? dimana peran pemerintah untuk merawat bangunan ini? apakah ini semakin mempertegas bahwa kita adalah bangsa yang pandai membangun tapi tak bisa merawat?

tak jauh dari area jam gento tendapat  ruang terbuka berupa taman  yang berada di bawah jam gento, nah yang lebih mengenaskan lagi ditaman ini tak ada tong sampah! sehingga pengunjung bebas membuang sampah dimana saja.
perlu diketahui letak jam gento berada diatas bukit, kita dapat melihat view kota bangko dari tempat ini.

demikian report saya ketika mengunjungi tempat ini beberapa waktu lalu.





0 komentar:

Post a Comment

Download

ProgramerGagal. Powered by Blogger.