Home » » Seberapa Bahayakah mengkonsumsi kerang hijau?

Seberapa Bahayakah mengkonsumsi kerang hijau?

nn
makanan laut ini memang terkenal sangat nikmat bila diolah dengan bumbu yang lezat, tanpa harus diolah dengan bumbu lezat kerang hijau sudah enak kok dimakan dengan cara direbus. kerang ini akan mengeluarkan aroma yang gurih ketika direbus hanya dengan menggunakan garam, cuma bedanya masalah rasa saja mungkin ya?
tapi taukah anda seberapa bahaya sih kerang hijau ini untuk dikonsumsi ?

menurut Dr. Ir. Etty Riani, pendidik dan peneliti dari Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB, Bogor, kerang termasuk organisme laut yang tahan banting. Kerang merupakan golongan mollusca, yaitu hewan lunak yang diapit cangkang keras dan tidak memiliki organ hati untuk menghancurkan benda asing, termasuk racun yang masuk ke dalam tubuhnya. Akibatnya, semua benda asing ditampung di dalam dagingnya.
Dalam hal ini kerang hijau menjadi kerang yang paling tahan terhadap polutan asing tersebut. Tidak seperti kerang jenis lain yang nomaden, kerang ini mampu bertahan hidup menetap dan bersifat sebagai filter feeder (penyaring) layaknya sebuah vacuum cleaner. Artinya, kerang ini menyerap tak hanya makanannya (plankton), tapi juga apa saja yang ada di sekitarnya, termasuk logam berat yang berbahaya. Tak heran, bila akhirnya tercetus ’larangan’ untuk mengonsumsi kerang ini.
bagi anda yang sudah terlanjur suka dengan kerang ini ga usah khawatir sebab tubuh kita juga memiliki zat penawar racun yang dihasilkan oleh sistem dalam tubuh kita.
saya sendiri termasuk orang  yang sangat gemar mengkonsumsi makanan laut ini karna cita rasanya khas.
semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

Download

Blog Archive

ProgramerGagal. Powered by Blogger.