Home » » Keuntungan dan Resiko berinvestasi di saham:

Keuntungan dan Resiko berinvestasi di saham:

 Keuntungan :
1. Dividen
Dividen adalah Pembagian Keuntungan Perusahaan kepada Pemegang Saham. Contoh: Salah satu emiten membagi dividen per saham Rp 500,- Rina memiliki sahamnya sebanyak 5.000 saham (10 lot). Jadi dividen yang diterima oleh Rina adalah
Rp 2.500.000 (belum termasuk pajak)
2. Capital Gain
Capital Gain adalah Keuntungan ketika kita menjual saham lebih tinggi dari harga beli.Contoh: Johan membeli saham per saham Rp 3.000,- dan kemudian menjual pada harga Rp 4.000,-. Capital Gain yang diperoleh adalah Rp 1.000,- untuk setiap saham yang dijual oleh Johan.


Resiko:

1. Tidak Mendapat Dividen
Umumnya perusahaan membagi dividen ketika perusahaan menunjukkan kinerja yang baik. Jadi ketika perusahaan mengalami penurunan kinerja atau mengalami kerugian maka perusahaan tidak membagikan dividen kepada para pemegang saham.
2. Capital Loss
Capital Loss merupakan kebalikan Capital Gain. Hal ini terjadi jika kita menjual saham yang kita miliki lebih rendah dari harga beli. Contoh: Adi membeli saham perusahaan dengan harga per saham Rp 3.000,- dan beberapa waktu kemudian saham ini mengelami penurunan. Adi menjual saham tersebut pada harga Rp 2.500,- sehingga Adi mengalami kerugian Rp 500 untuk setiap saham yang ia jual.

0 komentar:

Post a Comment

Download

ProgramerGagal. Powered by Blogger.